Tips Memilih Boneka untuk Anak

TIPS MEMILIH BONEKA,BEGINI CARANYA!! 

 

boneka teddy bear yang menggemaskan,TIPS MEMILIH

 

Tips memilih ulang tahun adalah salah satu momen kebahagiaan setiap anak sepanjang masa.

Terlebih bila mereka mendapatkan hadiah berupa mainan boneka dari orang tuanya, t

entunya mereka akan sangat senang sekali.

Karena tidak ada satupun anak yang akan menolak mainan boneka. Hanya saja, sebaiknya pilih boneka dengan benar agar sesuai dengan kebutuhannya.

Bagaimanapun juga boneka memiliki keanekaragaman ukuran dan bentuk yang banyak.

Meski boneka selalu diidentikkan dengan mainan anak perempuan, namun sebenarnya memberikan boneka kepada anak laki-laki itu tidak masalah.

Hanya saja Anda harus memilihnya dengan benar supaya tidak mempengaruhi psikologinya kelak.

Tips Memilih Boneka untuk Anak

Karena jenis boneka ada banyak, mulai dari berbentuk karakter film, binatang, bayi, barbie, dan masih banyak lagi. Maka sebaiknya pilihlah yang benar-benar sesuai dengan anak Anda. Bagaimanapun juga, bentuk boneka itu semuanya lucu, namun tidak semuanya aman untuk mereka. Maka dari itu simak tips berikut ini supaya anak mendapat kado boneka yang sesuai dengan mereka!

#1 Bahannya Harus Aman

Untuk memilih boneka untuk anak-anak, sebaiknya pilih yang bahannya aman dan sesuai dengan kemampuan serta usia nya. Misalnya saja dari plastik, katun, atau bahan yang bebas dari bahan kimia untuk menjamin keamanannya supaya tidak berbahaya untuk mereka. Pastikan juga apakah bagian bonekanya mudah dilepas atau tidak.

Keamanan bahan boneka harus diperhatikan karena umumnya anak-anak dibawah umur suka memasukkan apa saja ke dalam mulutnya. Jangan sampai ternyata bahannya beracun dan justru meracuni tubuhnya karena berpindah ke dalam tubuhnya. Sebaiknya hindari mainan dari plastik pvc. Karena bahan tersebut memiliki kandungan karsinogenik yang berbahaya untuk mereka.

#2 Ukurannya Harus sesuai dengan Tubuh Anak

Selain harus memperhatikan bahannya, jangan lupa perhatikan ukurannya juga. Ukuran boneka yang kebesaran akan membuat mereka sulit memainkannya. Lebih parahnya lagi adalah boneka yang berukuran terlalu besar terkadang membuat anak merasa takut. Maka dari itu pilih boneka yang ukurannya maksimal ¾ dari tubuh anak.

Disamping itu, jangan memberikan boneka yang terlalu kecil karena bisa berbahaya. Terlebih bila usia mereka masih sekitar 3 tahun, sebaiknya jangan berikan boneka yang lebih kecil dari ukuran mulutnya. Hal tersebut berguna sekali untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti tertelan atau tersedak.

Baca Juga Memilih Boneka Untuk Anak

#3 Pilih Boneka Berdasarkan Usia Anak

Pilih boneka sesuai usianya, biasanya hal ini tertulis  pada label mainannya. Disitulah Anda bisa melihat peringatan berdasarkan usia anak. Kategori usia itu penting karena untuk mempertimbangkan bagaimana tingkat kedewasaan dan kemampuan anak. Karena kesalahan pemilihan boneka dengan usia anak bisa membahayakan mereka.

Bila anak masih berusia 3 tahun, sebaiknya berikan boneka bayi manusia atau binatang yang berbentuk sungguhan. Selain dapat digunakan untuk media bermain, boneka tersebut akan membuat mereka belajar mengenal bentuk boneka yang sesungguhnya.

Sementara itu bila anak perempuan masih berusia 4 tahun, berikan boneka fashion dan aksesorisnya untuk membantu perkembangan mereka. Sehingga anak tahu bagaimana caranya berpakaian dengan sopan. Karena mainan ini akan menggambarkan mereka ketika sudah dewasa.

Jadi seperti itulah caranya memilih boneka untuk anak-anak bila dilihat dari jenis kelamin dan usianya. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, tentunya itu akan memudahkan Anda bisa menemukan boneka yang tepat sesuai kebutuhan anak. Sehingga hal ini bisa berdampak positif terhadap psikologisnya.

Baca Juga https://bonekasultan.id/boneka-kotor-dipenuhi-oleh-debu-dan-noda-ini-solusinya/.html

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *