Ketakutan Terhadap Boneka,Memang ada? Ada.

Fobia Terhadap Boneka Mungkin kamu salah satunya..

Boneka Lucu,Boneka Seram
Boneka Seram

 

fobia Boneka merupakan sesuatu yang aneh bukan? masa iya seseorang terhadap boneka.tapi,tahukah kamu kalo fobia tersebut memang ada dan nyata loh gengss.

Nah, fobia adalah reaksi ketakutan yang berlebihan dan tidak rasional pada sesuatu yang kemungkinan besar tidak berbahaya.

 

Ketakutan ini ditujukan kepada tempat, situasi, maupun objek tertentu. Fobia berbeda dengan ketakutan biasa, karena bisa menyebabkan gangguan signifikan terhadap kehidupan orang yang mengalaminya, termasuk pekerjaan, sekolah, maupun hubungannya dengan orang lain!

Fobia sebenarnya termasuk salah satu jenis gangguan kecemasan. Namun, tidak seperti gangguan kecemasan pada umumnya, fobia umumnya berhubungan dengan sesuatu yang spesifik.

Ini membuatnya akan menghindari sumber ketakutannya. Kalau pun tak bisa menghindari, ia akan menghadapinya dengan rasa takut, panik, dan cemas berlebihan.

Boneka biasanya dibuat dengan bentuk yang imut-imut dan menggemaskan. Namun, bagaimana dengan boneka-boneka menyeramkan yang menjadi karakter utama di film horor, seperti Annabelle atau Chucky? Ketakutan berlebih saat melihat boneka rupanya dapat dikategorikan sebagai fobia. Pediophobia adalah istilah yang digunakan untuk rasa takut yang timbul setiap kali melihat boneka.

 

Fobia ini termasuk dalam kategori automatonphobia, yakni ketakutan terhadap segala sesuatu yang mirip manusia, seperti boneka, patung lilin, atau robot. Istilah pediophobia diambil dari bahasa Yunani, yakni “paidion” yang berarti “anak kecil” dan “phobos” yang berarti “rasa takut”. Nama ini diambil karena konon banyak orang dewasa yang memiliki fobia terhadap boneka juga takut saat melihat anak kecil.

Dikutip dari laman Healthline, di AS saja 9% warganya tercatat memiliki fobia boneka. Rasa takut ini biasanya timbul tidak hanya saat melihat boneka, bahkan hanya memikirkan tentang boneka saja sudah membuat gelisah. Pengidap pediophobia biasanya memiliki jenis boneka tertentu yang paling ditakutinya, misalnya boneka yang bisa berbicara, boneka porselen, atau boneka binatang.

 

Penyebab pediophobia hampir sama seperti fobia pada umumnya, yakni dipicu pengalaman buruk di masa lalu. Begitu pula dengan gejalanya, seperti nafas menjadi cepat, jantung berdebar-debar, mulut kering, terasa seperti dicekik, tubuh gemetar, sampai menangis atau menjerit.

 

Banyak orang yang tidak sadar memiliki fobia boneka. Ken Hoyt dari Pollock’s Toy Museum, London, menyebutkan banyak pengunjung dewasa yang sengaja melewatkan ruangan berisi boneka-boneka kuno saat bertandang ke museum ini.

 

“Beberapa pengunjung museum entah kenapa tidak merasa nyaman saat masuk ke ruang boneka yang menjadi ruangan terakhir sebelum pintu keluar museum. Bahkan banyak yang langsung putar balik ke pintu masuk supaya tidak perlu melewati ruang boneka ini,” ungkap Hoyt kepada Smithsonian Mag.

Salah satu objek yang dapat menjadi sumber ketakutan penderita fobia adalah boneka. Takut boneka disebut dengan pediophobia dan ini salah satu contoh fobia spesifik.

 

Fobia spesifik merupakan ketakutan tidak rasional terhadap sesuatu yang tidak menimbulkan ancaman yang nyata. Lebih dari 9 persen orang dewasa di Amerika Serikat mengalami fobia spesifik ini!

 

Orang yang takut boneka alias seorang pediophobia tidak harus melihat objek itu secara langsung. Hanya dengan memikirkannya, dia akan merinding, bergidik ngeri, dan muncul gejala cemas!

 

Beberapa gejala yang dapat timbul saat orang yang fobia boneka melihat “musuhnya”, antara lain:

 

Perasaan takut yang intens.

Sesak napas.

Nyeri dada.

Detak jantung cepat (berdebar-debar).

Berkeringat.

Gemetaran.

Panik.

Berteriak.

Mencoba melarikan diri.

Mual.

Pusing.

Menangis, bersembunyi di belakang orang lain, atau mengamuk.

Baca selengkapnya https://bonekasultan.id/boneka-chucky-kalah-serem-sama-boneka-ini

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *