Boneka di Rumah Tetap Awet? Ini Triknya!

Boneka bisa awet dan tahan lama? bisa banget.

boneka awet
Boneka Beruang Putih

 

Boneka awet selalu bisa memberikan kesan tersendiri bagi semua orang, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Boneka sering dijadikan sebagai benda koleksi, kesayangan, dan mainan. Untuk asalnya sendiri, sebenarnya boneka berasal dari bahasa Portugis yang bernama “boneca”. Bentuknya ada bermacam-macam, mulai dari tokoh fiksi, hewan, buah-buahan, manusia, dll dengan ukuran yang bervariasi.

Sehingga hal ini membuat keberadaannya semakin diterima oleh masyarakat. Namun sayangnya, perawatan boneka yang salah bisa membuatnya cepat rusak. Bahkan meski boneka tersebut bernilai jutaan rupiah, maka itu tidak akan membuatnya awet bila perawatannya salah.

Tips Merawat Boneka agar Tidak Mudah Rusak

Supaya boneka di rumah tetap awet, sebaiknya jaga kebersihannya setiap hari. Dengan begitu tidak ada penumpukan debu, kotoran, dan noda di bulu boneka supaya tetap steril. Karena dalam perawatan boneka itu ada beberapa cara khusus tersendiri, khususnya bila ada bulunya. Di bawah ini adalah cara membuat boneka supaya tetap awet dan tidak mudah rusak, antara lain:

#1 Letakkan di Tempat yang Bersih

Bila bonekanya sudah dibersihkan, jangan lupa menaruhnya di tempat aman. Misalnya saja seperti di ruang penyimpanan boneka khusus yang jauh dari hewan pengganggu atau di dalam lemari. Sehingga boneka tidak rusak dari hewan pengganggu tersebut. Selain itu, jangan lupa membersihkannya dulu sebelum disimpan.

Namun bila Anda ingin menyimpannya dalam jangka lama, sebaiknya masukkan dulu ke dalam plastik atau paperbag. Sehingga bonekanya bisa terbebas dari debu dan kotoran. Selanjutnya, tambahkan kapur barus agar baunya tidak apek dan tetap awet.

#2 Hindari Tempat yang Berdebu

Setiap boneka itu mudah berdebu bila tidak dibersihkan secara rutin. Maka dari itu usahakan membersihkannya setiap 1 minggu sekali menggunakan kain basah yang sudah dibasahi oleh air hangat. Untuk boneka berbulu yang berasal dari snail atau kain rasfur, maka cara membersihkannya memakai lap basah. Setelah itu rapikan bulunya memakai sisir. Bila bonekanya tidak berbulu karena berasal dari yelvo atau velboa, maka bersihkan memakai vacuum cleaner supaya semakin praktis dan hemat waktu.

Baca Juga Cara Mencuci Boneka Di rumah Agar Tidak Rusak

#3 Pakai Sikat Halus atau Lap untuk Menghilangkan Nodanya

Untuk menghilangkan nodanya, maka baca label boneka dulu. Sehingga Anda bisa mengetahui seperti apakah informasinya dengan benar sesuai dengan karakteristik bonekanya. Dengan begitu, Anda bisa merawat dan membersihkannya dengan benar. Bila ada kotoran yang ringan, sebaiknya jangan dicuci. Cukup pukul atau gunakan vacuum cleaner saja agar debunya jatuh. Kemudian jemur di tempat teduh. Namun bila masih kotor, gunakan sikat halus atau lap basah.

#4 Rapikan Rambut Boneka Menggunakan Tangan atau Sisir 

Bila sudah terlihat bersih, saatnya untuk merapikan bulu-bulunya memakai sisir datar atau jari tangan. Pilih sisir yang ujungnya tumpul dan tidak rapat supaya tidak rusak bonekanya. Jadi jangan pernah merapikan bulu boneka memakai sisir untuk binatang peliharaan, karena itu bisa merusak boneka tersebut.

#5 Jangan Menjemurnya Langsung di Bawah Terik Matahari

Bila bonekanya tidak diperkenankan dikeringkan memakai mesin pengering, maka cukup angin-anginkan saja. Namun jangan terkena sinar matahari langsung supaya warna bonekanya tetap awet dan tidak pudar.

Nah, jadi jangan tunggu sampai boneka di rumah dipenuhi oleh debu dan kotoran, namun jagalah secara rutin supaya tetap awet sepanjang hari. Karena kesalahan perawatan bisa membuat boneka menjadi cepat rusak dan tidak awet. Maka dari itu, perhatikan beberapa hal di atas supaya keawetannya tetap terjaga.

Baca Juga https://bonekasultan.id/boneka-barbie-begini-sejarahnya-2/.html

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *