Bolehkah Anak Laki-Laki Main Boneka?

Bolehkah anak laki laki main boneka?

bolehkah anak

Bolehkah anak ? ternyata anak laki-laki juga boleh bermain menggunakan boneka. Bahkan boneka itu baik sekali untuk merangsang perkembangan empati dan imajinasi . Maka dari itu jangan pernah takut memberikannya izin untuk bermain boneka. Selama bonekanya sesuai dengan karakternya, maka itu bukan masalah besar.

Bagaimanapun juga  yang baru lahir sampai berusia 10 tahun itu butuh stimulasi yang banyak. Salah satunya dengan memberikannya mainan yang tepat. Maka dari itu pilih mainan yang sesuai untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan. Hanya saja terkadang orang tua menjauhkan anak laki-laki dari boneka.

Tujuannya adalah supaya dapat membedakan mainan untuk anak perempuan dan laki-laki. Sebenarnya hal seperti ini bisa dimaklumi. Hanya saja  anak itu butuh eksplorasi sehingga anak laki-laki sebenarnya masih diperbolehkan bermain boneka asalkan masih berada dalam batasan wajar.

Anak Lelaki Main Boneka Lucu? Kenapa Tidak!

laki-laki boleh bermain boneka pada rentang usia tertentu. Sehingga mereka dapat mengeksplorasi semua yang ada di sekitarnya. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk memberikan boneka khusus untuk  laki-laki. Meski boneka selalu diidentikkan dengan mainan anak perempuan, namun sebenarnya tidak ada masalah bila Anda memberikannya untuk anak laki-laki.

Anda bisa memasukkan peran gender saat anak laki-laki sedang bermain boneka. Jadi boneka masih bisa dimainkan laki-laki saat ingin mengajaknya belajar mengenal perbedaan antara laki-laki dan perempuan dengan jelas. Jadi jangan berpikir bahwa bentuk boneka yang lucu, feminism, menggemaskan, dan berwarna lembut untuk perempuan saja.

laki-laki tidak harus selalu diberikan mainan berbau lelaki supaya sifat lelakinya terasah. Karena saat usianya bertambah, secara otomatis mereka akan memiliki sifat itu dengan sendirinya. Maka dari itu tidak ada alasan untuk tidak memberikannya boneka lucu selama masih dalam batasan wajar.

Alasan Anak Lelaki Boleh Bermain Boneka Lucu

yang baru lahir sampai berusia 3 tahun itu butuh banyak stimulasi yang berasal dari berbagai macam mainan. Maka dari itu jangan pernah membatasi mainannya secara gender, karena mereka butuh banyak eksplorasi aneka mainan. Anda hanya perlu mengarahkan saja boneka yang sesuai dengan gendernya.

Misalnya bila laki-laki Anda ingin bermain rumah-rumahan, maka mereka bisa menjadi contoh seorang ayahnya. Jadi jangan terlalu khawatir bila anak Anda bermain boneka. Karena manfaatnya ada banyak. Salah satunya bisa membantunya bermain peran dan melatih ketrampilan sosialnya di masa mendatang.

Pentingnya Memilih Boneka yang Benar untuk Laki-Laki

Memilih mainan berbentuk boneka untuk laki-laki memang tidak mudah, berbeda sekali ketika memilihnya untuk anak perempuan. Karena bila orang tua salah pilih bisa berdampak pada perkembangan psikologinya. Maka dari itu sebaiknya perhatikan pemilihan boneka dengan baik untuk  laki-laki.

Bila usianya masih baru lahir sampai berusia 3 tahun, sebaiknya berikan kebebasan pada mereka untuk memilih boneka kesukaannya. Sedangkan bila sudah berusia 4 tahun, mereka akan sadar boneka seperti apa yang pantas untuk  laki-laki dan perempuan.

Nah dari sinilah Anda bisa memilih boneka berbentuk mobil-mobilan agar sesuai dengan karakternya. Untuk bahannya bebas, bisa berupa plastik atau katun. Selain itu, boneka bertenaga baterai juga bisa dijadikan sebagai piliha, seperti boneka robot. Sehingga hal ini membuat per kembangan otak menjadi lebih baik sesuai dengan umur dan gendernya.

Baca juga https://bonekasultan.id/klasik-fungsi-pembuatan-boneka-kayu-yang-sebenarnya/.html

Join the Conversation

1 Comment

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *